PROGRAM PENGENDALI MUTU PELAYANAN PUSKESMAS 2008

Posted on Januari 20, 2011

0


PROGRAM PENGENDALI MUTU
PELAYANAN PUSKESMAS 2008

I. PENDAHULUAN
Sesuai dengan Sistem Kesehatan Nasional, maka upaya kesehatan diselenggarakan melalui upaya kesehatan Puskesmas, peran serta masyarakat, serta rujukan upaya kesehatan. Mengingat hal tersebut, dapat dipahami bahwa Puskesmas mempunyai fungsi yang sangat penting, yaitu sebagai pusat pengembangan peran serta masyarakat, pusat pembinaan kesehatan masyarakat dan pusat pelayanan kesehatan masyarakat.
Kondisi Puskesmas secara umum dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Demikian juga yang dialami ole Puskesmas Mantup. Tidak dapat dipungkiri oleh berbagai pihak, selama tahun-tahun terakhir ini Puskesmas Mantup berkembang cukup pesat. Baik dari segi fisik bangunan Puskesmas, maupun dari segi program, pelayanan rawat jalan dan rawat inap.

Visi Puskesmas mantup
”pelayanan prima menjadi budaya kerja”.
Misi Puskesmas Mantup adalah
” melakukan terobosan/inovasi dalam setiap kegiatan atau program kesehatan”,
” memberikan pelayanan yang aman, nyaman, terjangkau dan profeasional”,
” mendorong peran serta masyarakat dalam pembangunan
yang berwawasan kesehatan” ,
” meningkatkan kemampuan, tanggung jawab dan kerjsama provider”.

Untuk mewujudkan semua itu diperlukan kerja keras dan kerjasama yang baik antara sesama petugas Puskesmas, lintas sektor maupun dengan masyarakat. Perkembangan yang dicapai oleh Puskesmas mantup saat ini dirasa belum sepenuhnya dapat mewujudkan visi Puskesmas. Masih banyak kekurangan dan kelemahan yang harus terus kita perbaiki.Disamping itu, keinginan dan harapan masyarakat untuk mutu Puskesmas terus berkembang secara dinamis.
Untuk meningkatkan pelayanan yang bermutu sehingga tercapai pelayanan prima yang terus meningkat dan dalam rangka membina petugas Puskesmas untuk bekerja sama dalam tim sehingga dapat melaksanakan fungsi Puskesmas dengan baik, maka dirasa perlu dibentuk ”PROGRAM PENGENDALI MUTU PELAYANAN PUSKESMAS” yang akan menjadi acuan peskesmas dalam melayani pelanggan.

Agar memudahkan dalam memonitor, mengevaluasi, serta meningkatkan kwalitas standar pelayanan maka dipakai ASPEK KEPUASAN yang dinamakan DIMENSI MUTU PELAYANAN yang terdiri dari 8 DIMENSI
1. Dimensi mutu KEAMANAN.
2. Dimensi mutu KENYAMANAN
3. Dimensi mutu EFEKTIFITAS
4. Dimensi mutu EFISIENSI
5. Dimensi mutu KONTINUITAS
6. Dimensi mutu KEMUDAHAN
7. Dimensi mutu HAM
8. Dimensi mutu AKSES

II. TUJUAN
2.1Tujuan Umum
Terwujudnya pelayanan prima dalam budaya kerja untuk menjadi pelayanan publik yang terbaik.
2.2Tujuan Khusus
1. Terbentuknya tim pengendali mutu di tiap bagian pelayanan di Puskesmas demi terciptanya pelayanan yang bermutu.
2. Terbentuknya tim pengendali mutu tingkat Puskesmas.
3. Tercapainya tujuan pelayanan yang selalu memperhatikan delapan dimensi mutu pelayanan.
4. Adanya inventarisasi, monitor dan evaluasi baik di tingkat bagian pelayanan maupun di tingkat Puskesmas untuk menentukan langkah selanjutnya demi tercapainya pelayanan yang bermutu.

TIM DAN TUGAS TIM
PENGENDALI MUTU PELAYANAN PUSKESMAS
( TPMPP )
Guna memudahkan pelaksanaan kegiatan dibentuk tim pengendali mutu pelayanan yang terdiri dari dua tim yaitu:
A. TPMPP tingkat puskesmas :
Tugas TPMPP puskesmas
-menetapkan jadwal pertemuan
– melakukan pertemuan dgn tim unit sesuai jadwal ( tiga bulanan )
– menginventarisasi usulan dari tim unit pelayanan.
– menentukan dan menetapkan prioritas program / kegiatan usulan dari tim unit
– menunjuk tim unit yang sesuai untuk dilaksanakan, sesuai hasil koordinasi
– mendokumentasikan hasil hasil kegiatan tim.
– mensosialisasikan keputusan kpd semua staf.

Tim Pengendali Mutu Pelayanan Puskesmas :
– Top Manager : Dr. Taufik Hidayat
– Wakil : H. Muallimin
– Sekretaris : Kusmiwati AMd. Keb.
– Anggota : Harjono DS
Bambang Sudijono
Edy Wardani

B. TPMPP tingkat unit pelayanan
Tugas TPMPP unit pelayanan puskesmas
– Membuat protap pelayanan harian masing masing unit. ( Form 1. )
– menginventarisasi kekurangan / masalah yang ada di masing masing unit pelayanan dgn
memakai acuan delapan dimensi mutu pelayanan, sesuai tim.
– mengadakan pertemuan tim unit sesuai jadwal.( setiap bulan ) untuk menentukan prioritas.
– menyampaikan usulan sesuai prioritas kepada tim PMPP puskesmas. (form 2)
– jika ada perubahan protap, menyampaikan usulan perubahan kepada tim PMPP puskesmas. ( form 3. )
I. Tim Pengendali Mutu Pelayanan Bagian Loket dan Apotek
– Ketua : Ach. Dimyati
– Wakil Ketua : Samsul Hidayat
– Sekretaris : Bettie
– Anggota : Suprat
Nurhadi
Henik S
II. Tim Pengendali Mutu Pelayanan Bagian Rawat Jalan ( BP Umum, BP Lansia, KIA, Poli Gigi, Gizi )
– Ketua : Drg. Rina Sawitri
– Wakil Ketua : Turkan
– Sekretaris : Lampit AMd. Kep.
– Anggota : Edy Wardhani
Ana Rodiyah
Titik Rahayu Urbawati
Ririn Utami
III. Tim Pengendali Mutu Pelayanan Bagian Rawat Inap ( UGD, Perawatan ) dan Laboratorium
– Ketua : Dr. Budi Harjo
– Wakil Ketua : H. Muallimin
– Sekretaris : Maksum AMd. Kep.
– Anggota : Sri Utami
Tutik
Crismiasih
Nurhadi
IV. Tim Pengendali Mutu Pelayanan Bagian Tata Usaha
– Ketua : Didik JP
– Wakil Ketua : Kemiadi SPd.
– Sekretaris : Ana Rodiyah
– Anggota : Suprat
Nurhadi
V. Tim Pengendali Mutu Pelayanan Bagian Fisik Puskesmas, Alat dan Perlengkapan
– Ketua : Susilo Hadi
– Wakil Ketua : Bambang Sudijono
– Sekretaris : Sri Utami
– Anggota : Didik JP
A. Dimyati
Nurhadi
VI. Tim Pengendali Mutu Pelayanan Bagian PUSTU
– Ketua : Harjono DS
– Wakil Ketua : Edy Wardhani
– Sekretaris : Nurul Hidayah AMd. Keb.
– Anggota : H. Mualimin
Turkan
VII. Tim Pengendali Mutu Pelayanan Bagian POLINDES
– Ketua : Siti Munawaroh
– Wakil Ketua : Nur Semiwati
– Sekretaris : Istnah Rofi’ah
– Anggota : Yanuar Tri Yuhanti
Rusmiati
Sutrami AMd. Keb.
Nur Imammah
Kusmiwati Amd. Keb.
Rupiah.

ALUR PROSES TPMPP

PENUTUP
Setiap petugas Puaskesmas akan selalu berusaha mewujudkan visi Puskesmas yaitu pelayanan prima menjadi budaya kerja, dan mencapai tujuan pelayanan yang bermutu. Untuk itu kita akan mengerahkan segenap tenaga dan pikiran serta kemampuan yang kita punya.
Terlaksananya program pengendali mutu pelayanan Puskesmas merupakan salah satu jalan untuk mencapai pelayanan yang bermutu.yang mengutamakan kepuasan masyarakat. Sesuai motto serta janji layanan puskesmas. Semoga program ini akan banyak bermanfaat bagi pengembangan Puskesmas khususnya dan bagi masyarakat pada umumnya. Saat ini program ini telah beralih menjadi manajemen ISO 9001:2008.

Form 1 No. Reg. 01/04/2008
FORM PROTAP PELAYANAN HARIAN
BAGIAN LOKET

1. Menyiapkan ruangan agar bersih dan rapi.
2. Menyiapkan dan mengecek dokumen-dokumen pelayanan
– Menata surat-surat, blangko, dll.
3. Melayani pelanggan / pasien.
– Mengisi KRJ.
– Mencatat di buku register.
– Membagi ke tujuan pelayanan.
– Menghubungi petugas pelayanan sesuai jadwal.
4. Merekap kunjungan.
5. Merapikan ruangan, dokumen, dan lain-lain.
6. Pekerjaan untuk hari ini harus selesai hari ini juga.

Provider Loket

Suprat
Nip. ………… Ketua TPMP Loket dan Apotek

Ach. Dimyati
Nip. …………..

Mengetahui,
Manager TPMP Puskesmas Mantup

Dr. Taufik Hidayat
Nip. 140 229 295

Form 2 No. Reg. 01/04/2008
FORMAT KENDALI MUTU PELAYANAN
BAGIAN :
Bulan : Tahun : 2008
NO DIMENSI MUTU KEADAAN SAAT INI KEADAAN YANG DIINGINKAN PARAF
1.

2.

3.

4.

5.
6.

7.

8.

Kenyamanan
– Fisik : Kebersihan dan keindahan gedung pelayanan.
– Fasilitas dan peralatan yang memadai.
Keamanan
– Fisik : Gedung pelayanan yang aman dan memadai.
– Universal Precaution.
Efisiensi
– Prosedur pelayanan yang jelas dan mudah dimengerti pelanggan.
– Ongkos pelayanan / tarif yang terjangkau.
Efektifitas
– Kualitas pelayanan ada.
– Tujuan pelayanan tercapai.
Kontinouitas
HAM ( Hubungan Antar Manusia )
– Sikap yang baik antara petugas dan pasien
– Senyum, sapa dan salam dalam pelayanan.
– Hubungan yang baik antara petugas dengan petugas.
– Hubungan yang baik antara petugas dengan manager.
Akses ( Kemudahan ) Pelayanan
– Prosedur pelayanan yang mudah diakses.
– Pelayanan yang mudah dijangkau.
– Petugas selalu siap di tempat untuk melayani pelanggan.
Kepastian
– Kepastian petugas pelayanan.
– Kepastian jam pelayanan.
– Kepastian prosedur pelayanan.

Mengetahui,
Manager TPMP Puskesmas Mantup

dr. Taufik Hidayat
NIP. 140 229 095
Ketua TPMP Bagian : ………………………….

…………………………………….

Form 3 No Reg. 01/04/2008

FORMAT USULAN PERUBAHAN PROTAP

Format yang ingin dirubah : Form. …….. No Reg ………………………….
NO Protap Lama Protap baru yang diusulkan

Mantup, …………………………………
Provider………………….

———————- Ketua TPMP ………………………

————————
Mengetahui,
Top Manager TPMP Puskesmas Mantup

Dr. Taufik Hidayat
Nip. 140 229 095

 

Iklan
Posted in: Uncategorized