STANDART PELAYANAN PUBLIK DENGAN KONTRAK LAYANAN ( CITIZEN”S CHARTER )

Posted on Februari 1, 2011

0


PELAYANAN PUBLIK

BERBASIS CITIZEN’S CHARTER DI PUSKESMAS MANTUP</strong>

KABUPATEN LAMONGAN

 

FORUM KOMUNIKASI

“HAMAS”

( HIMPUNAN ASPIRASI MASYARAKAT SEHAT )

I. LATAR BELAKANG

Kecamatan Mantup terdiri dari 15 desa, 74 dusun dengan jumlah penduduk 44. 841 jiwa yang terdiri dari laki-laki 21.828 jiwa dan perempuan 23.013 jiwa.  Sarana kesehatan yang ada diwilayah kecamatan Mantup terdiri dari 1 Puskesmas Induk, 3 Puskesmas Pembantu, dan 11 Polindes / Poskesdes,.

Seiring dengan perkembangan jaman, kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan semakin meningkat. Masyarakat semakin menyadari pentingnya kesehatan yang tidak hanya pengobatan penyakit, tetapi juga meliputi pencegahan penyakit dan rehabilitasi. Tuntutan masyarakat terhadap penyedia layanan kesehatan juga semakin tinggi. Masyarakat menghendaki penyedia layanan bagus dalam segala hal, baik fisik, sarana prasarana, sumber daya manusia, manajemen pelayanan, aturan layanan maupun cara pelayanan.

Saat ini UPT Puskesmas Mantup masih menjadi satu – satunya  penyedia pelayanan public kesehatan di wilayah kecamatan Mantup. Pelayanan yang diberikan terdiri dari UKP ( Upaya Kesehatan Perorangan ) yang meliputi rawat jalan dan rawat inap, UKM ( Upaya Kesehatan Masyarakat ) yang meliputi pelayanan di luar gedung ( Promosi kesehatan, Posyandu, dll ).

Dari tahun ke tahun UPT Puskesmas Mantup selalu berkembang lebih baik, melakukan  berbagai inovasi dan berbaikan segala bidang demi menjawab tuntutan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang terus meningkat. Namun  demikian semuanya dirasakan belum maksimal, Puskesmas perlu mengetahui secara pasti apa yang diinginkan masyarakat, sehingga Puskesmas dapat memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan secara tepat .

Dengan memperhatikan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan SK Menkes No.: 125/Menkes/SK/II/204 tentang kebijakan dasar Puskesmas, Maka dengan ini kami bermaksud membentuk suatu Organisasi yang menghimpun tokoh-tokoh masyarakat peduli kesehatan, yang berperan sebagai mitra kerja Puskesmas dalam penyelenggaraan upaya pembangunan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Mantup. Terbentuknya Forum Komunikasi HAMAS ini, diharapkan merupakan wadah / media masyarakat agar bisa mengakomodasi kebutuhan masyarakat dan mengkomunikasikan kepada UPT Puskesmas Mantup dan sebaliknya mengkomunikasikan informasi kesehatan dari UPT Puskesmas Mantup kepada masyarakat luas.

II. PENGERTIAN

HAMAS ( Himpunan Aspirasi Masyarakat Sehat ) adalah sebuah organisasi masyarakat / forum komunikasi yang merupakan wadah / media bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya tentang pelayanan kesehatan di UPT Puskesmas Mantup demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah kecamatan Mantup.

III. TUJUAN

Tujuan berdirinya HAMAS adalah :

Tujuan Umum:  Berperan aktif dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat kecamatan Mantup.

Tujuan Khusus :

1.    Sebagai media bagi masyarakat untuk menyampaikan kebutuhan dan aspirasinya tentang pelayanan kesehatan di UPT Puskesmas Mantup.

2.    Sebagai jembatan / penyalur kebutuhan dan aspirasi masyarakat tentang pelayanan kesehatan kepada UPT Puskesmas Mantup

3.    Berperan aktif dalam pembuatan aturan pelayanan yang dituangkan dalam Standar Pelayanan Publik UPT Puskesmas Mantup.

4.    Meningkatkan peran serta masyarakat dalam peningkatan pelayanan kesehatan di UPT Puskesmas Mantup.

5.    Menyebar luaskan informasi tentang pelayanan kesehatan di UPT Puskesmas Mantup kepada masyarakat luas.

VI. FUNGSI HAMAS

HAMAS berfungsi untuk :

1.      To serve (melayani pemenuhan penyelenggaraan pembangunan kesehatan oleh Puskesmas).

2.      To advocate (memperjuangkan kepentingan kesehatan dan keberhasilan pembangunan kesehatan oleh puskesmas)

3.      To Watch (Mengamati kinerja Puskesmas)

V. STRUKTUR ORGANISASI HAMAS

1. Pembina                      : Camat

: Kepala Puskesmas

2. Ketua                           : Kecamatan / Masyarakat

3. Sekretaris                    : Sekretaris II ISO UPT Puskesmas Mantup

4. Anggota                       : a. Toma

b. Unsur pemerintahan

c. PKK

d. TIM  Manajemen ISO UPT Puskesmas Mantup

STRUKTUR ORGANISASI

HAMAS ( Himpunan Aspirasi Masyarakat Sehat )

UPT Puskesmas Mantup

Periode 2010 – 2013

No JABATAN NAMA ASAL KET
1.2. 

3.

4.

.5

6

7

PembinaKetua 

Sekretaris

Anggota

Sektoral

Toma

PKK

Tim Sistem  Manajemen Mutu ISO UPT Puskesmas Mantup

1. Subani, SE.MM.2. dr. Taufik Hidayat 

3. Drs. H. M. Shoib

H. Bambang Sudarmadji

Lampit, AMd.Kep.

1. Bambang Suprihatin

2. Drs. Wasiyo

3. Susilo Utomo

4. Drs. Imam Khalimi

5. Suyitno

6. Djoko Siswanto, SPd.

7. Nuril Huda, Sag.

8. H. Abd. Rochim

9. Sunarto, SE

1. Drs. Suradji

2. Drs. H. Abd. Djalil

3. H. Supratman, SPd.I

4. Arif Helmi, SPd.

5. Bambang Sudijono

1. Ny. Subani

2. Sutatik

1. Turkan

2. Kusmiwati, AMd.Keb.

3. Susilohadi, AMd.KL.

4. Ana Rodiyah, AMd.Keb..

5. Sri Utami.

KecamatanPuskesmas 

Legeslatif

Tokoh Masyarakat

Puskesmas

Kades Sumberkerep

Kades Sumberbendo

Kades Kedungsoko

Kades Sumberagung

Sekdes Mantup

UPT Diknas

K U A

Kasi PMD

UPT PP dan KB

Toma

Ketua MUI

MWC NU

PC Muhammadiyah

PWRI

Ketua TP PKK

TP PKK

Puskesmas

Puskesmas

Puskesmas

Puskesmas

Puskesmas

VI. KEGIATAN HAMAS

Kegiatan HAMAS terdiri dari :

1.    Menampung keinginan dan aspirasi masyarakat tentang pelayanan kesehatan di UPT Puskesmas Mantup.

2.    Pertemuan semester pertama untuk mengkomunikasikan keinginan dan  aspirasi masyarakat serta mendapat informasi tentang pelayanan kesehatan di UPT Puskesmas Mantup guna  diteruskan kepada masyarakat luas.

3.    Pertemuan semester kedua untuk mengevaluasi aturan pelayanan yang tertuang dalam Standar Pelayanan Publik UPT Puskesmas Mantup, memberikan usulan baru dan bersama – sama membuat SPP untuk tahun mendatang.

VII. JADWAL KEGIATAN HAMAS

NO KEGIATAN 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12
1 Menampung keinginan dan aspirasi masyarakat V V V V V V V V V V V V
2 Pertemuan semester 1 V
3 Pertemuan semester 2 V

VIII.  HAK DAN KEWAJIBAN HAMAS

A.       HAK HAMAS :

1.    Mengajukan usulan untuk perbaikan pelayanan kepada UPT Puskesmas Mantup

2.    Terlibat dalam pembuatan SPP

B.       KEWAJIBAN HAMAS :

1.   Melayani pemenuhan penyelenggaraan pembangunan kesehatan oleh Puskesmas Mantup;

2.   Memperjuangkan aspirasi masyarakat untuk kepentingan kesehatan dan keberhasilan pembangunan kesehatan oleh Puskesmas Mantup.

3.   Mengamati kinerja Puskesmas Mantup.

4.   Meneruskan informasi kepada masyarakat.

IX.   PENUTUP

Pembentukan HAMAS dalam pelayanan berbasis Citizen’s Charter dengan segala kegiatannya, diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di UPT Puskesmas Mantup demi peningkatan derajat kesehatan masyarakat Kecamatan Mantup.

Dengan adanya forum komunikasi HAMAS ini, masyarakat akan lebih mudah menyampaikan kebutuhan akan pelayanan kesehatan kepada UPT Puskesmas Mantup dan tercapai keseimbangan antara hak dan kewajiban penyedia layanan dan pengguna layanan, sehingga apa yang menjadi kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi sesuai kemampuan yang ada.

Selanjutnya semoga HAMAS dan UPT Puskesmas mantup dapat membina kerjasama yang baik selama-lamanya.

Mantup, 22 Juni 2010

Ketua HAMAS

H. BAMBANG SUDARMADJI

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN

DINAS  KESEHATAN

UPT PUSKESMAS  MANTUP

Jln. Raya Mantup No. 55 Telp. (0322) 316088

KEPUTUSAN

KEPALA UPT PUSKESMAS MANTUP KABUPATEN LAMONGAN

NOMOR : 188/70/KEP/413.105.26/2010

TENTANG

STANDAR PELAYANAN PUBLIK UPT PUSKESMAS MANTUP

KABUPATEN LAMONGAN

KEPALA UPT PUSKESMAS MANTUP KABUPATEN LAMONGAN

Menimbang           :     a.   Bahwa sebagai pelaksanaan ketentuan pasal 4 Keputusan Bupati Lamongan Nomor 45        tahun 2001 tentang Pembentukan Unit Pelaksana Teknis pada Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan, maka guna kelancaran penyelenggaraan Pemerintah Daerah di bidang Kesehatan perlu adanya Standar Pelayanan Publik UPT Puskesmas Mantup.

b.   Bahwa sehubungan dengan konsideran menimbang huruf a tersebut diatas, dipandang perlu untuk menetapkan dengan surat keputusan Kepala UPT Puskesmas Mantup Kabupaten Lamongan.

Memgingat            :     1.   Undang-undang Republik Indonesia Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

2.      Peraturan Pemerintah Nomor 38 tahun 2007 tentang Pembagian urusan pemerintahan antara  Pemerintah, Pemerintah Daerah Propinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten / Kota.

3.      Surat Keputusan Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara No. 81 tahun 1993 tentang Pelayanan Publik.

4.      Peraturan Daerah Propinsi Jawa Timur No. 11 tahun 2005 tentang Pelayanan Publik di Jawa Timur.

5.      Peraturan Gubernur Jawa Timur No. 14 tahun 2006 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Propinsi Jawa Timur.

6.      Peraturan Daerah Kabupaten Lamongan No. 10 tahun 2000 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan.

7.      Surat Keputusan Bupati Lamongan No. 12 tahun 2001 tentang Kedudukan, Tugas dan Fungsi Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan.

Memperhatikan     :     Surat Gubernur Jawa Timur Nomor : 065/3665/041/2006 tanggal 6 April 2006 perihal Penyusunan Standar Pelayanan Publik.

MEMUTUSKAN

Menetapkan          :

Pertama                 :     Pedoman Standar Pelayanan Publik UPT Puskesmas Mantup kecamatan Mantup Kabupaten  Lamongan sebagaimana disebut dalam lampiran keputusan ini.

Kedua                   :     Pedoman Standar Pelayanan Publik sebagaimana dimaksud dalam diktum pertama dipergunakan sebagai acuan, yang harus dilaksanakan oleh aparat UPT Puskesmas Mantup Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan.

Ketiga                   :     Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dengan ketentuan akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya apabila kemudian terdapat kesalahan dalam keputusan ini.

Ditetapkan di     :  Mantup

Pada tanggal      :  22 Juni 2010

Ketua HAMAS 

( Himpunan Aspirasi Masyarakat Sehat )

H. BAMBANG SUDARMADJI

Kepala UPT Puskesmas Mantup 

Kabupaten Lamongan

Dr.  TAUFIK HIDAYAT

Pembina

NIP. 19630702 198903 1 012

Mengetahui
Kepala Dinas Kesehatan 

Kabupaten Lamongan

Dr. H. MUHAMMAD SHOCHIB, MARS.

Pembina Utama Muda

NIP. 19540303 198211 1 001

Camat Mantup 

SUBANI, SE. MM.

Pembina

NIP. 19590919 198603 1 016

About these ads
Posted in: Uncategorized